Sunday, June 8, 2014

Ciri-ciri Rayap tanah dan Rayap Kayu

Rayap Tanah

Rayap tanah memiliki kecepatan merusak yang luar biasa, tergantung besar koloninya. Mereka bisa menyerang seluruh bangunan dalam hitungan minggu, tergantung jenis dan besar koloninya.Rayap tanah merusak kayu dengan membuat saluran dan terowongan dalam kayu pada bangunan rumah. Di samping membuat saluran, rayap ini bahkan sering memakan kayu kering yang sehat. Bangunan rumah yang diserang bukan hanya yang terletak di dekat sarangnya yang lembab, melainkan juga yang berada di tempat yang relatif jauh dari serangan rayap.

Sedangkan ciri-ciri bangunan terkena serangan rayap tanah berupa hadirnya jalur tanah berwarna kemerahan atau berpasir maupun berwarna hitam. Rayap jenis ini sarangnya berada di dalam tanah dan jumlah anggota koloninya jutaan.

Rayap Kayu

Rayap kayu kering anggota koloninya kecil dan bahkan dalam suatu bingkai lukisan bisa saja terdapat 4 buah koloni rayap kayu kering. Kecepatan merusak rayap kayu kering sangatlah pelan namun pasti dan membutuhkan waktu tahunan untuk merusak sebuah bingkai lukisan. Sarang rayap kayu kering berada dalam kayu yang dirusak dan penyebarannya lambat.

Secara mudah, rayap kayu kering merupakan bawaan dari kayu tersebut dan bukan berasal dari tanah. Gejalanya pun mudah dikenali dengan kehadiran butir-butir bulat berwarna kuning dibawah furniture, plafon ataupun piano dan barang-barang lainnya.

Anda harus waspada terhadap serangan rayap karena rayap tanpa toleransi akan menyantap isi bangunan anda, waspadalah. Semoga isi artikel ini bermanfaat untuk anda.


No comments:

Post a Comment